Rabu, 20 September 2017

Bibit Kelapa Genjah Entok

 Bibit Kelapa Genjah Entok

bibit kelapa genjah entok
              
  Tanaman kelapa genjah entok dari hari ke hari kian populer saja. Tanaman kelapa genjah entok terkenal memiliki keunggulan genjah(pendek), cepat berbuah dan menghasilkan buah yang banyak. Tanaman kelapa genjah entok memiliki ciri khas hijau, pendek, daging tebal dan sabutnya tipis.

                Syarat Tumbuh Bibit pohon kelapa genjah entok

                Pohon kelapa genjah entok tumbuh baik di daerah tropis seperti Indonesia ini. Bibit kelapa genjah entok tumbuh baik di daerah dataran rendah dengan ketinggian 0- 500 mdpl. Kawasan pesisir pantai seperti pesisir pantai selatan Jawa maupun pantura dan kawasan pesisir Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Papua dan seterusnya cocok untuk ditanami bibit kelapa genjah entok. Bibit pohon kelapa genjah entok tumbuh baik bila ditanam di daerah yang subur, tanah yang gembur dan kaya akan unsur organik.
kelapa genjah entok
                Tidak seperti tanaman lain, bibit pohon kelapa genjah entok tidak memiliki akar tunjang atau taproot, juga tidak memiliki akar rambut. Tanaman ini memiliki akar serabut dan menghunjam ke dalam tanah sehingga tanaman pohon kelapa genjah entok cocok dijadikan sebagai tanaman pelindung atau penahan dari tiupan angin kencang karena akarnya yang kuat.
                Bibit pohon kelapa genjah entok tumbuh baik bila ditanam di lahan berpasir. Tanaman ini sangat tahan terhadap lingkungan asin atau berkadar garam tinggi.  Bibit kelapa genjah entok cocok di tanam di area terbuka karena tanaman ini menyukai sinar matahari yang banyak. Bila ditanam di area terbuka, pohon lebih cepat tumbuh dan umumnya cepat menghasilkan buah yang lebat.

 

Bibit Kelapa Genjah Entok cocok di Iklim Tropis

 
                Bibit kelapa genjah entok menyukai daerah yang bersuhu udara yang hangat yang menjadi ciri khas daerah pesisir. Itulah sebabnya, tanaman kelapa genjah tumbuh baik di kawasan pantai seperti kawasan pati utara di kecamatan Tayu, Juana, Dukuhseti, ataupun di kawasan pesisir Bantul, Purworejo, Kulon Progo, Kebumen, Banyumas, Cilacap dan daerah pesisir pantai lainnya.
                Keuntungan bertanam bibit pohon kelapa genjah entok lainnya adalah tanaman ini berbunga sepanjang tahun sehingga produktif dan membantu perekonomian petani. Bertanam kelapa genjah entok menjadi salah satu solusi alternatif yang cerdas di tengah ketidakpastian nasib petani yang cenderung merugi. Bila musim tanam, harga produk pertanian naik tinggi, namun di saat musim panen, harganya anjlok dan merugikan petani. Nah, bertanam kelapa genjah entok cenderung stabil harga buahnya dan ini tentu saja menguntungkan petani. 

                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar